in

Pasar Imlek Semawis 2022 Ditiadakan, Pencinta Kuliner Harap Bersabar

Pandemi diharap segera berakhir agar Pasar Imlek Semawis bisa digelar pada tahun 2023.

Segenap pengurus Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) usai menggelar tratransfusi si ketuk pintu di Kelenteng Tay Kak Sie Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Pasar Imlek Semawis 2022 tidak diselenggarakan. Acara yang biasanya untuk merayakan Hari Raya Imlek ini terpaksa kembali ditiadakan mengingat saat ini masih pandemi Covid-19.

“Untuk kedua kalinya, Pasar Imlek mohon maaf belum bisa kami adakan,” ujar Ketua Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) Harjanto Halim, Minggu (23/1/2022).

Dia memahami bahwa masyarakat Kota Semarang dan pencinta kuliner dari berbagai daerah sudah sangat menantikan event yang dilangsungkan di kawasan Pecinan tersebut.

Menurutnya, lebih baik semua pihak bersabar. Sebab, jika digelar, Pasar Semawis pasti akan dikunjungi banyak orang. Sehingga besar kemungkinan sulit untuk memberlakukan protokol kesehatan.

“Biasanya susah dikontrol, ‘sudah, jangan dekat-dekat’ tapi tetap saja berkerumun, takutnya begitu. Nanti jadi klaster baru Covid-19 malah repot,” imbuh Halim.

Namun, segenap pengurus Kopi Semawis tetap menggelar doa bersama atau tradisi ketuk pintu di Klenteng Tay Kak Sie. Hal itu dilakukan demi kelancaran kegiatan Kopi Semawis ke depan.

Halim berharap pandemi segera berakhir agar Pasar Imlek Semawis bisa kembali digelar pada tahun 2023 mendatang.

Camat Semarang Tengah Aniceto Magno Da Silva mengapresiasi keputusan Kopi Semawis meniadakan sementara kegiatan Pasar Imlek Semawis. Menurutnya, keputusan itu sangat tepat mengingat pandemi belum berakhir.

Menurut dia, meskipun kasus di Kota Semarang sudah semakin landai bukan berarti boleh lengah. Apalagi varian Omicron sudah masuk Kota Semarang.

Sebagai informasi, Pasar Imlek Semawis merupakan ivent budaya sekaligus wisata yang digelar di kawasan Pecinan Semarang. Kegiatan ini biasnya berlangsung beberapa hari untuk merayakan Tahun Baru Imlek.

Di Pasar Imlek Semawis, ada berbagai atraksi budaya mulai dari barongsai hingga pentas wayang potehi. Dalam acara ini juga tersedia anek kuliner yang dijual di sepanjang jalan Pecinan.

Agenda istimewanya adalah tradisi Tuk Panjang atau makan bersama di meja panjang. (*)

editor : tri wuryono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.