in

Mobile Edabu BPJS Mudahkan Badan Usaha Kelola Data Karyawan

SEMARANG (jatengtoday.com) – BPJS Kesehatan kembali memperkenalkan Elektronik Data Badan Usaha (Edabu). Aplikasi yang bisa diunduh di smartphone ini memudahkan badan usaha mengurus kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pekerjanya.

Sejak dirilis tahun 2015, saat ini Edabu telah menginjak versi 4.2 untuk memperbaiki berbagai kekurangan dari versi sebelumnya. Aplikasi Edabu terbaru ini memiliki fitur menarik. Diantaranya cek data kepesertaan, tambah dan edit data kepesertaan, approval, laporan rekap iuran, serta cetak kartu dan cetak tagihan.

Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Semarang, Nur Wulan Uswatun Khasanah menuturkan, dengan aplikasi ini, HRD atau pemberi kerja bisa mengurus BPJS Kesehatan para pekerja dari ponsel.

“Tidak perlu mengantre di kantor BPJS. Apalagi, dalam pandemi ini, kami memprioritaskan pelayanan via online,” terangnya, Selasa (15/9/2020).

Aplikasi Edabu Mobile ini dapat diunduh melalui Playstore dengan memiliki fitur untuk cek data peserta, riwayat pembayaran, data mutasi, tren pembayaran, dan konten kesehatan. Namun perlu diketahui untuk Edabu Mobile ini tidak bisa dilakukan untuk mutasi peserta sehingga PIC badan usaha harus tetap menggunakan Edabu versi 4.2.

Sayang, aplikasi ini hanya bisa digunakan bagi bidang usaha yang sudah terdaftar. “Kalau belum, badan usahanya bisa didaftarkan dulu agar bisa mendapatkan login username dan password,” imbuhnya.

Dari datanya, jumlah kepesertaan JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) di  wilayah kota Semarang telah mencapai 653.311 jiwa. Sementata di Kabupaten Demak sebanyak 242.768 jiwa.

Selain itu untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, pihaknya mengembangkan fitur aplikasi Mobile JKN yang saat ini telah ada 14 fitur. (*)

editor: ricky fitriyanto