in

Malam Tahun Baru, Semarang Bakal Hujan. Lihat Rincian Waktunya

SEMARANG (jatengtoday.com) – Hujan dengan intensitas ringan atau gerimis diprediksi bakal mengguyur sebagian besar wilayah Kota Semarang saat malam pergantian tahun, Senin (31/12/2018) malam.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, hujan diprediksi akan turun malam hingga dini hari. Yakni, dalam intensitas ringan beserta suhu udara 24-32 derajat celcius dengan kelembaban 55-95 persen.

“Perkiraannya, seluruh kecamatan di Kota Semarang akan diguyur hujan meski dengan intensitas ringan. Rata-rata gerimis turun mulai pukul 19.00,” ujar Muh. Syifaul Fuad, Prakirawan Stasiun Mereorologi Kelas II Ahmad Yani, Semarang.

Menurutnya, hujan ringan di 16 kecamatan di Kota Semarang rata-rata akan berlangsung mulai pukul 19.00 dan stabil hingga pukul 22.00. Cuaca akan berubah setelah pukul 01.00 dini hari tanggal 1 Januari 2019.

Prakiraan hujan akan berbeda di 5 kecamatan, yakni Kecamatan Gunungpati, Tembalang, Genuk, Banyumanik, dan Pedurungan. Khusus wilayah itu akan hujan ringan lebih awal pada pukul 16.00. Bahkan di Kecamatan Genuk dan Mijen, gerimis masih berlangsung hingga pukul 01.00 dini hari.

Selain itu, masyarakat di 4 kecamatan di Kota Semarang diharapkan lebih waspada karena di tempat tersebut intensitas hujan sedang atau tidak hanya sekadar gerimis. Empat kecamatan tersebut adalah Tembalang, Banyumanik, Pedurungan, dan Mijen.

Dengan adanya hal tersebut, Prakirawan BMKG mengimbau kepada masyarakat yang merayakan tahun baru di luar ruangan untuk sedia membawa perlengkapan yang dapat melindungi tubuh dati guyuran air hujan. (*)

editor : ricky fitriyanto