in

Maba Udinus Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Pesisir Semarang

Udinus rutin menanam mangrove sejak 2015 dan telah tertanam lebih dari 25 ribu bibit.

Mahasiswa Udinus menanam mangrove di pesisir Kelurahan Mangunharjo, Kota Semarang pada 5 September 2023. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Puluhan mahasiswa baru Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang menanam 3.517 bibit mangrove di pesisir Kota Semarang, tepatnya di wilayah Kelurahan Mangunharjo, Selasa (5/9/2023).

Penanaman mangrove yang dikemas dengan nama Udinus Care Conservation (UCC) ini menjadi rangkaian penyambutan mahasiswa baru. UCC sendiri sudah rutin digelar Udinus sejak 2015 dan telah menanam lebih dari 25 ribu bibit mangrove.

Proses penanaman mangrove dilakukan oleh mahasiswa baru dan mahasiswa dari perguruan tinggi yang mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM).

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Udinus, Dr. Kusni Ingsih, MM dan Kepala Biro dan Kepala Biro Akademik, Achmad Wahid Kurniawan, M.Kom. turut hadir menanam bersama para mahasiswa.

Kusni melihat pengikisan karena air laut di pesisir Kota Semarang semakin hari semakin parah. Sehingga Udinus rutin membantu memberikan bibit sekaligus menanam di daerah tersebut.

“Kami bekerja sama dengan pengelola di sana dan memberikan ribuan bibit. Nantinya mahasiswa dari UKM Aldakawanaseta yang merupakan UKM pencinta alam untuk rutin meninjau lokasi,” ungkap Kusni.

Penggiat pelestarian mangrove di Mangunharjo, Sururi mengungkapkan dampak positif yang dirasakan masyarakat dengan kembalinya fungsi hutan mangrove di daerah Mangunharjo. Salah satunya, para nelayan mudah mendapatkan ikan dan tak perlu mencari ikan hingga tengah laut.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pemberian bibit ini. Dampak positifnya sudah dirasakan oleh masyarakat. Di lokasi ketiga penanaman mangrove sudah cukup berhasil dan sudah ada penambahan daratan,” ungkap dia.

Pemberian bibit mangrove sebagai satu di antara kegiatan dalam menyambut mahasiswa baru. Tahun ini, Udinus menerima 3.517 mahasiswa baru. Jumlah tersebut terdiri dari 1.645 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer (FIK), 725 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), 165 mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB), 393 mahasiswa Fakultas Kesehatan (FKES), 228 mahasiswa dari Fakultas Teknik (FT), 50 mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK), 172 Kampus Kediri, dan 139 mahasiswa Pascasarjana. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar