in

Lapas Semarang Gandeng Barbershop untuk Latih Napi Seni Pangkas Rambut

Warga binaan bisa belajar berbagai teknik memangkas rambut seperti Layer, Skin Line, Hair Line, Trimming, Scop.

Warga binaan Lapas Semarang belajar seni memotong rambut. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang menggandeng salah satu instruktur barbershop ternama di Semarang untuk mengasah keterampilan napi atau warga binaan dalam seni memangkas rambut, Rabu (13/9/2023).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya lembaga pemasyarakatan dalam meningkatkan kualitas pembinaan kemandirian dengan mengadakan kegiatan pelatihan yang bekerja sama dengan pihak ketiga sebagai instruktur.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas I Semarang, Tri Saptono Sambudji menyambut baik kegiatan pelatihan memangkas rambut atau barbershop untuk di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Bina Mandiri L’Pane, Lapas Kelas I Semarang.

“Alhamdulillah pagi ini mendapat kunjungan istimewa dari barbershop ternama di Semarang. Kami senantiasa terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak ketiga demi membantu mengembangkan potensi warga binaan,” ujar Kalapas.

Warga binaan bisa belajar berbagai teknik memangkas rambut seperti Layer, Skin Line, Hair Line, Trimming, Scop yang harus disesuaikan dengan bentuk wajah. Kalapas pun ikut andil sebagai model utama pelatihan memangkas rambut.

“Selain sebagai wujud dari pembinaan, pangkas rambut sangat membantu untuk menjaga kerapihan dan hasilnya pun cukup rapi seperti barbershop yang ada di luar sana,” ujar Kalapas.

Ia berharap warga binaan bisa belajar dari pelatihan yang diadakan sehingga kelak ketika selesai menjalani pidana bisa menciptakan lapangan pekerjaan sesuai ilmu yang didapat dalam Lapas.

Kalapas menambahkan, kegiatan pemangkasan rambut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, yang salah satunya adalah pembatasan memanjangkan rambut bagi warga binaan laki-laki. (*)

editor : tri wuryono

Baihaqi Annizar