in

Komunitas Ekraf Jepara Ikuti Pameran Sleman Creative Week 2023

Komunitas Ekraf Jepara memamerkan beberapa furniture hasil seni pahat dan seni ukir khas Jepara.

Peserta acara Sleman Creative Week foto bersama usai menggelar pameran. (istimewa)

SLEMAN (jatengtoday.com) — Komunitas Ekraf Jepara turut memeriahkan acara Sleman Creative Week #3. Acara berlangsung di Taman Kuliner Condongcatur, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada 20–22 Oktober 2023.


Komunitas yang berisi pegiat ekonomi kreatif dari Kabupaten Jepara tersebut ikut memamerkan karya seni khas daerahnya. Dalam acara itu, mereka membawa beberapa furniture hasil seni pahat dan seni ukir.

Dani Steviro, salah satu anggota Komunitas Ekraf Jepara yang memiliki startup industri furniture bernama Isiruangan.com, mengaku bersyukur. Karena, bisa menjadi bagian dari acara Sleman Creative Week tahun 2023.

“Sebuah peluang besar bagi Komunitas Ekraf Jepara untuk menunjukkan pada banyak orang mengenai seni ukir khas Jepara. Jadi, kami berharap dengan adanya acara ini, teman-teman komunitas semakin gencar membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif di Jepara,” ungkap Dani.

Sleman Creative Week digagas oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman sebagai bentuk upaya untuk mengembangkan ekonomi kreatif di Kabupaten Sleman. Acara kian semarak dengan hadirnya pelaku ekonomi kreatif dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Termasuk kedatangan komunitas dari Jepara.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid mengatakan, pelaku seni membutuhkan wadah supaya mampu menampilkan karya-karya dan produk-produk bermanfaat.

Sementara itu, Bupati Sleman Kustini Sri Kustomo yang turut hadir menyampaikan bahwa bulan Oktober sebagai bulan ekonomi kreatif Kabupaten Sleman. Ia sangat mengapresiasi setiap komunitas serta pegiat-pegiat ekonomi kreatif yang turut menghadiri Sleman Creative Week.

Kustini bangga terhadap pelaku seni yang berani menampilkan karya-karyanya pada acara tersebut. Sehingga ia berharap, ke depan mereka mampu mengangkat industri kreatif seperti startup untuk menjadikan Sleman lebih cerdas dan inovatif. (*)

Fatma Ariyanti: dari organisasi Startup Furniture Jepara, Isiruangan (isiruangan.com)

Ariyanti Fatma