in

Kompetisi Piano Pelajar Jadi Tolok Ukur Kemampuan Pianis Muda

SEMARANG (jatengtoday.com)Opus Nusantara bersama Kawai Indonesia untuk kelima kalinya menggelar Kompetisi Piano Pelajar 2019. Lomba ini diikuti oleh ratusan pelajar dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Ketua penyelenggara acara Eleonora Aprilita mengungkapkan, kompetisi ini memuat dua kategori. Yaitu bebas dan pilihan. Dengan rincian 5 kelas, mulai dari kelas A untuk kelas 1-2, B untuk kelas 3-4, C untuk kelas 5-6, D untuk kelas 7-8, E untuk kelas 9-10 dan F untuk kelas 11-12.

Menurutnya, dari tahun ke tahun jumlah pianis muda yang mengikuti kompetensi ini terus mengalami peningkatan. Hal ini, lanjutnya, membuktikan musik piano semakin digemari oleh kalangan muda di Indonesia.

“Besarnya antusiasme pada musik piano jugalah yang membuat kami menyelenggarakan kompetisi ini, untuk dijadikan barometer atau tolak ukur kemampuan di kalangan para pianis muda,” ujarnya disela acara yang berlangsung di Hotel Aston Inn Pandanaran Semarang, Minggu (28/04/2019)

Dia menambahkan, kompetisi ini berawal dari cita-citanya dalam membina, mengembangkan, dan memberikan ruang bagi pianis muda Indonesia untuk menunjukan kepiawaiannya dalam memainkan tuts-tuts piano.

Dalam kompetisi ini dihadirkan tiga juri yang berkompeten di bidangnya. Ada Mario Santoso, asisten profesor musik (bidang piano) Universitas Pelita Harapan (UPH), Ruth Wibisono, jebolan Utrechts Conservatorium yang kini staf pengajar ahli di Konsevatorium Musik Jakarta. Serta Stefina P Wibisono, dosen piano Universitas Pelita Harapan Conservatory of Music.

Kompetisi Piano Pelajar tahun ini juga diselenggarakan di lima area di Indonesia. Selain di Semarang-DIY, ada area Jawa Timur dan Bali yang dipusatkan di Surabaya. Lalu area ketiga Jawa Barat dan DKI Jakarta dipusatkan di Bandung. Area empat Sumatera dan Kepulauan Riau yang dipusatkan di Pekanbaru. Serta area lima yang meliputi wilayah Sulawesi dan Indonesia Timur yang dipusatkan di Makassar.

Sementara itu Rosalia Simone (32), guru piano Melodi Music School yang membawa 7 muridnya pada kompetesi ini mengaku senang. Dirinya sangat antusias terhadap gelaran kompetisi piano pelajar yang diadakan oleh Opus Nusantara.

“Sangat bagus ya gelaran kompetisi seperti ini untuk melatih mental anak, membuat anak berani dan sebagai ajang unjuk diri juga,” pungkasnya. (*)

editor : ricky fitriyanto