in

Komisi C Desak Pembangunan Jembatan Besi Sampangan Selesai Tepat Waktu

SEMARANG (jatengtoday.com) – Komisi C DPRD Kota Semarang mendesak pembangunan jembatan tambahan di samping Jembatan Besi Sampangan diselesaikan tepat waktu. Sebab jalur tersebut menjadi ruas yang mengakibatkan tersumbatnya lalu-lintas.

“Jembatan Besi Sampangan menjadi jalan akses yang menghubungkan Kecamatan Gunungpati dan Kecamatan Gajahmungkur. Ini mendesak dibangun jembatan tambahan untuk mengurai kepadatan lalu-lintas menuju Kampus Unnes dan sekitarnya,” kata Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono, Senin (21/9/2020).

Selama ini, ruas di Jembatan besi Sampangan tersebut rawan kemacetan. Arus lalu-lintas saat jam sibuk seperti saat berangkat maupun pulang kerja selalu padat.

Selain pembangunan jembatan tambahan, lanjut dia, pelebaran jalan di ruas jalan tersebut juga diperlukan. Mengingat potensi kemacetan lalu-lintas di perempatan Jalan Dewi Sartika dan pertigaan Jalan Talangsari mengkhawatirkan.

“Komisi C DPRD Kota Semarang telah melakukan pengecekan kesiapan pembangunan jembatan tersebut beberapa waktu lalu. Sesuai kontrak pembangunan jembatan dilaksanakan mulai 17 September 2020, atau 75 hari ke depan. Targetnya akhir November 2020 harus selesai,” ujarnya.

Pembangunan jembatan tersebut sedikitnya menyedot anggaran kurang lebih Rp 36 miliar. Dari anggaran total tersebut, Rp 16 miliar di antaranya dari Pemkot Semarang untuk pembebasan lahan. Sedangkan Rp 20 miliar untuk pembangunan jembatan merupakan APBD Jawa Tengah.

Dalam pembangunan tersebut, akan dibangun bentang jembatan sepanjang 50 meter dan lebar 9 meter. Selebar 7 meter di antaranya untuk jalan dan 1 meter kanan-kiri untuk pedestrian. “Pembangunan jembatan ini sangat vital untuk segera diselesaikan sesuai kontrak. Tentunya perlu dilakukan pengawasan,” ungkapnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Abdul Mughis