in

Kolaborasi BSI-Undip Gelar Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2023

TWB juga menjadi salah satu wujud komitmen BSI dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem ekonomi syariah, salah satunya di lingkungan akademisi.

Foto bersama RCEO BSI, Rektor UNDIP, dan perwakilan Pemkot Semarang usai Onboarding Talenta Wirausaha BSI, Jumat (10/3/2023). (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) – PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menggandeng Undip sebagai mitra strategis untuk roadshow kegiatan Onboarding Talenta Wirausaha BSI 2023 yang akan dilaksanakan di Aula KWU Universitas Diponegoro, Jumat (10/3/2023).

Talenta Wirausaha BSI (TWB) merupakan program inkubator bagi para wirausaha muda dan muslimpreneur untuk membangun dan meningkatkan kapasitas usahanya, sehingga mampu bersaing di kancah global.

Hal ini sejalan dengan spirit BSI untuk mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Go Halal, Go Digital, dan Go Global.

TWB juga menjadi salah satu wujud komitmen BSI dalam mengembangkan dan memperkuat ekosistem ekonomi syariah, salah satunya di lingkungan akademisi.

Gagasan MuslimPreneur dan membangkitkan kewirausahaan ini telah disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir  sejak TWB angkatan pertama pada 2022 silam.

Gagasan ini bermula dari pengamatan langsung Erick saat berkeliling ke pesantren-pesantren di Indonesia bersama Dirut BSI Hery Gunardi.

“Saya sudah mengajak juga Direktur Utama BSI untuk datang ke pesantren-pesantren karena memang kita ingin pesantren sebagai mercusuar peradaban. Supaya keseimbangan ekonomi bisa terjadi, apalagi saat Covid-19 ini jelas terdapat kesenjangan. Maka dari itu kita harus seimbangkan dan intervensi. Di situlah negara hadir memastikan kesenjangan tersebut tidak boleh semakin melebar,” ungkapnya.

Ficko Hardowiseto,RCEO BSI Region 7 Semarang menegaskan, “sebagai market leader perbankan syariah di Tanah Air, BSI berinisiatif untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan perguruan tinggi, baik memperkuat kehadiran di kampus, maupun menumbuhkan jiwa kewirausahaan.”

BSI berkolaborasi dengan UNDIP untuk mengajak lebih banyak talenta wirausaha di Jawa Tengah.  “Selain itu, UNDIP memiliki komitmen yang sejalan dengan BSI dalam pengembangan community-based entrepreneurs”, kata Ficko.

Ficko optimis, para civitas academika mampu sebagai agen kebaikan dalam pengembangan ekosistem MuslimPreneur di wilayah kampus dan memberikan banyak warna di ajang kompetitif Talenta Wirausaha BSI 2023.

Pada setiap kota yang dihampiri oleh Onboarding TWB, BSI selain inspiring speech dan talkshow, BSI juga mengajak mitra UMKM setempat untuk mengisi booth atau stand UMKM di sekitar area acara.

Pada tahun ini, TWB mengajak calon wirausaha dan wirausaha eksisting untuk empat kategori, yakni kategori Pemula, kategori Rintisan, kategori Berdaya, dan kategori Santri. Melalui keempat kategori ini diharapkan BSI dapat memfasilitasi para wirausaha untuk beradu ide sesuai dengan segmentasi usaha.

Tahun ini, BSI menargetkan 7.500 orang mengikuti TWB 2023 dengan menyasar kota – kota besar di antaranya Malang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Padang, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Banten, Banjarmasin, Balikpapan, dll . Kota-kota ini dipilih mengingat potensi industri kreatif yang besar dan minat program ini pada tahun sebelumnya. (*)

Ajie MH.