in

Ketika Istri Jenderal Polisi Kolaborasi dengan Band Rock Legendaris

SEMARANG (jatengtoday.com) – Seorang istri jenderal polisi asal Kota Semarang beraksi dengan menampilkan sebuah karya musik yang cukup memantik perhatian publik. Uniknya, perempuan bernama Dina Firli itu berkolaborasi dengan sebuah band rock legendaris asal Yogyakarta “Rolland Band” yang sempat berkibar di era 1980-1990-an.

Ini juga mengejutkan publik, karena Dina sedang menghidupkan kembali ‘macan’ rock yang selama kurun waktu 35 tahun tertidur pulas. Kolaborasi tersebut melahirkan single terbaru berjudul “Juara”. Istri Deputi Penindakan KPK, Irjen Pol Firli, itu sebagai penulis lirik sekaligus berperan menjadi model video klip dalam lagu tersebut.

Lagu bernuansa kebangsaan berbalut classic rock tersebut sengaja dibuat untuk merayakan kebahagiaan bangsa Indonesia yang telah berhasil menghelat pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2019 secara damai dan kondusif. Lagu berjudul “Juara-Rolland Band” serta video klip telah dilaunching secara daring di YouTube.

“Dalam video klip, menceritakan peran seorang ibu mendampingi para tunas patria bertumbuh menjadi penghela dan permersatu bangsa, se-iya se-kata, saling melayani, tekun, taat serta setia memelihara ke-Indonesiaan pada level apapun,” kata Dina Firli, kepada jatengtoday.com, Jumat (19/4/2019).

Alumni SMP PL Domenico Savio Semarang itu menjelaskan, lagu Juara sebagai sebuah penanda. Bahwa hanya ada satu juara di semua jenis kompetisi apapun. Ini juga untuk memantik kesadaran masyarakat untuk bersatu, dan dengan kepenuhan empati terdorong menciptakan lahirnya sang juara di berbagai bidang kehidupan dengan hati riang gembira, sebagaimana muara di akhir lirik,” katanya.

Inspirasi lirik lagu tersebut, lanjut Dina, ketika berada di ketinggian Gunung Rinjani bersama sekumpulan ibu-ibu Bhayangkari Perkasa Polda Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 30 Oktober 2017 silam. Di tangan Petrus, sang vokalis Rolland Band, lirik tersebut berinkarnasi menjadi lagu bergenre rock klasik, serta berkat sentuhan arransemen musisi asal Semarang, Ari Sulistyanto.

“Pembuatan klipnya juga didukung ratusan pekerja seni. Saya tidak bisa berkomentar banyak, selain takjub dan sangat berkesan selama mengikuti proses rancang bangun momentum ini,” katanya.

Rolland Band sendiri merupakan salah satu mozaik band rock legendaris di Indonesia. Berbagai media cetak era 1980-1990 menulis reputasinya sebagai band rock paling garang di setiap jelajah panggungnya. Berbagai lagu rock karyanya seperti “Gigolo”, “Terror” dan “Percakapan Satu Kamar” dan lain-lain, mewarnai perjalanan sejarah musik rock di Indonesia.

Rolland Band juga memiliki motivasi kuat, karena menjadi jawara pada eranya. Penggemar heavy metal menjadi saksi sejarah bahwa jejak Rolland Band, pernah menjadi Juara I Festival Heavy Metal se-Indonesia pada 1986 silam. (*)

editor : ricky fitriyanto