in

Ketangguhan Hadapi Covid-19 dan Kemajuan Teknologi jadi Kunci Ketahanan Keluarga

SEMARANG (jatengtoday.com) – Isu ketahanan keluarga menjadi sorotan seiring pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir dan perkembangan revolusi industri 4.0. Keduanya menjadi tantangan yang harus dihadapi sekaligus.

Pernyataan tersebut mengemuka dalam Webinar Nasional bertema “Revolusi Ketahanan Keluarga di Era Pandemi dan 4.0” yang diselenggarakan Dharma Wanita Persatuan (DWP) UIN Walisongo Semarang, Senin (7/9/2020).

Pembina DWP Kemenag, J Anni Susilowati Fachrul Razi yang menjadi Keynote Speaker mengatakan, ketangguhan keluarga dalam menghadapi situasi saat ini menjadi modal awal keberhasilan bangsa dalam menjawab persoalan zaman.

“Penguatan komunikasi dalam keluarga yang disertai dengan ketaatan terhadap ajaran agama menjadi modal utama,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DWP UIN Walisongo Arikhah Imam Taufiq. Menurutnya, persoalan ketahanan keluarga adalah fakta tantangan zaman yang sedang dihadapi oleh keluarga dan para perempuan.

“Persoalan ekonomi dan perkembangan teknologi memang masalah faktual. Sehingga keluarga sebagai suatu sistem harus berfungsi dengan baik,” paparnya.

Pengasuh Ponpes Al Anwar Rembang Nawal Nur Arafah Taj Yasin juga menyampaikan materi mengenai pengaruh Era 4.0 pada ketahanan keluarga. Baginya, cara pandang, sikap, dan perilaku yang moderat harus menjadi pegangan yang kuat dalam menghadapi tantangan ini.

“Era digital seperti saat ini berpengaruh positif dan negatif pada tatanan keluarga, penguatan religiusitas keluarga yang moderat harus selalu dipegang sebagai modal dasar untuk melahirkan generasi yang kuat,” tuturnya. (*)

 

editor: ricky fitriyanto