in

Jelang Diresmikan Presiden, Pengerjaan Proyek Kota Lama Dinilai Amburadul

SEMAGANG (jatengtoday.com) – Proyek revitalisasi Kota Lama Semarang hingga kini belum juga kelar. Selain molor dari jadwal yang ditetapkan, hasil proyeknya juga kurang maksimal. Sehingga, pengunjung kecewa karena banyak yang sudah rusak.

Proyek revitalisasi yang menelan dana ratusan miliar itu awalnya ditargetkan selesai pada Desember 2018. Namun, karena ada perubahan desain, akhirnya pembangunan paket 1 diperpanjang hingga Maret 2019.

Rencananya, Presiden Jokowi bakal meresmikan salah satu destinasi wisata andalan di Kota Semarang tersebut pada pertengahan Maret ini. Namun, seperti diketahui, baru sebagian saja yang sudah selesai.

Ade Putra Sucipto (32) selaku pengunjung merasa kecewa dengan hasil pengerjaan proyek. “Kecewa, soalnya ini kan masih banyak yang belum selesai, padahal kan sudah lama,” ujarnya saat ditemui di depan Gereja Blenduk.

Selain itu, Ade juga menyayangkan beberapa titik yang sudah selesai dibangun hasilnya kurang memuaskan. “Ini yang sudah selesai malah sudah pada rusak. Jalannya bergelombang semua,” keluhnya.

Komentar serupa juga diungkapkan Galih Oktorika (30). Warga Yogyakarta yang sengaja menyempatkan untuk melihat Kota Lama juga harus kecewa. Sebab, tiga bulan yang lalu saat mau berkunjung, ia sudah pernah dibuat bingung karena pengalihan arus.

“Dulu pas ke sini kan masih pembangunan, bingung, jalannha kan banyak yang ditutup. Tak kira ini sudah selesai, ternyata belum,” ucapnya.

Wisatawan lain, Kevin Rahmat Wijaya (19) berharap agar proyek revitalisasi segera selesai. Tetapi, katanya, jangan asal selesai. Pembangunannya juga harus maksimal. “Ini juga, yang sudah rusak harapannya ya diperbaiki lagi,” tandas warga Banyumanik, Kota Semarang ini. (*)

editor : ricky fitriyanto