in

Indahnya Danau BSB Jadi Tempat Favorit Refreshing Keluarga

SEMARANG (jatengtoday.com) –  Kawasan permukiman tak selamanya padat dan berisik. Namun bisa saja dikonsep tata ruang kota berwawasan lingkungan. 

Kawasan permukiman Bukit Semarang Baru (BSB) di Kecamatan Mijen, Kota Semarang, ini cukup memiliki daya tarik yang kuat. Meski kian berkembang pesat dengan banyaknya pengembangan perumahan, namun kawasan ini cukup tertata. Terlebih didukung panorama alam yang indah, lingkungan bersih dan udara yang segar. 

Berada di atas ketinggian kurang lebih 200-250 meter di atas permukaan laut, BSB dikelilingi hamparan hutan karet, hingga view panorama Gunung Ungaran, Sindoro dan Sumbing dari kejauhan. Salah satu tempat yang belakangan ini menjadi favorit bagi warga adalah suasana Danau BSB. Lokasi tersebut dijadikan tempat bersantai, rekreasi sekaligus olahraga. 

Hampir setiap hari, ratusan orang menikmati suasana Danau BSB, baik pagi maupun sore. Paling banyak setiap Minggu pagi. Banyak orang berbondong-bondong ke Danau BSB untuk refreshing. Mereka memanfaatkan jalan melingkar mengelilingi danau tersebut yang diaspal.

Tidak hanya rombongan keluarga, tetapi juga paguyuban, komunitas, mahasiswa, hingga muda-mudi. Umumnya mereka menikmati suasana alam dengan jalan santai sekaligus olahraga. Mereka juga memanfaatkan untuk foto selfie berlatar hamparan danau atau hutan karet yang tertata rapi.

“Saya hampir setiap Minggu pagi datang ke sini bersama istri dan anak. Tujuannya refreshing, sekaligus olahraga,” ujar salah satu pengunjung Fahri Aryadi (35), warga Ngaliyan, Minggu (3/11/2019).

Dikatakannya, keberadaan Danau BSB yang telah ditata rapi ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar. “Selama ini, di Kota Semarang sangat minim tempat rekreasi keluarga yang berwawasan lingkungan seperti. Udaranya masih segar. Hutan rimbun, rumput hijau, panorama gunung-gunung, hingga suara burung di pepohonan,” katanya.

Tentu, kata dia, suasana alam seperti itu akan sangat bersahaja. Apalagi setiap hari, aktivitas orang di Kota Metropolitan, banyak bersentuhan dengan perangkat mesin dan asap kendaraan. Suasana berisik dan banyak polusi udara. Pemandangannya hanya bangunan beton. “Aktivitas kerja seperti itu akan sangat melelahkan dan bikin stres. Belum lagi berhadapan dengan kemacetan,” katanya.

Suasana di Danau BSB, menurutnya sangat kondusif untuk rekreasi keluarga dan olahraga. Apalagi gratis. “Fasilitasnya cukup lengkap. Lahan parkir sangat luas. Lingkungannya bersih. Apalagi ada beraneka ragam kuliner, seperti lontong sayur, pecel dan lain-lain,” katanya.

Sementara Ana (27), warga Mijen, mengaku datang bersama tetangganya. Mereka sengaja datang untuk jalan-jalan bersama. “Akhir pekan, atau Minggu, menjadi hari yang paling memungkinkan untuk jalan-jalan. Apalagi di sini cukup dekat dengan tempat tinggal. Tempatnya sangat asyik untuk rekreasi sekaligus olahraga,” katanya. (*)

 

editor : ricky fitriyanto

Abdul Mughis