in

Hari Ini dan Besok, Tinggi Gelombang di Perairan Cilacap hingga Purworejo Diperkirakan Capai 6 Meter

CILACAP (jatengtoday.com) – BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi air laut di kawasan Pulau Jawa, termasuk pesisir Jawa Tengah.

“Pada 15 Juli (pagi) hingga 16 Juli 2021 (pagi), tinggi gelombang bisa mencapai 4-6 meter, masuk kategori sangat tinggi,” ujar prakirawan Deas Achmad Rivai, Rabu (14/7/2021).

Menurutnya, kondisi tersebut berpeluang terjadi di Perairan Selatan Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Pangandaran, Cilacap, Kebumen, Purworejo, hingga Perairan Selatan Yogyakarta.

“Dimohon kepada masyarakat yang beraktivitas dan tinggal di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar selalu waspada,” pesan Deas.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kemudian, kapal tongkang waspada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter; kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Bahkan, kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar juga perlu mewaspadai kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter. (*)

 

editor: ricky fitriyanto 

 

Baihaqi Annizar