in

Hari Ini, 28 Napi Lapas Kedungpane Semarang Dinyatakan Bebas Bersyarat

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sebanyak 28 warga binaan atau napi di Lapas Kedungpane Semarang dinyatakan bebas bersyarat, Rabu (19/2/2020).

Kalapas Semarang, Dadi Mulyadi mengungkapkan, hal itu merupakan bagian dari Crash Program Pemberian Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas serta Pembebasan Bersyarat Bagi Narapidana. Total ada 55 napi yang mendapat SK Crash Program.

Untuk periode ini, Crash Program dilaksanakan sampai akhir Maret 2020 mendatang dan hanya diberlakukan untuk narapidana yang sudah memasuki 2/3 masa pidana serta di antaranya berkelakuan baik. Dan 28 di antaranya langsung bebas.

“Kami ucapkan selamat kepada WBP yang bebas, akhirnya bisa berkumpul kembali dengan keluarga. Semoga ke depan bisa menjadi lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang akan merugikan diri sendiri,” jelas Dadi dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, kegiatan ini sendiri merupakan tindak lanjut dari arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan mengenai Pelaksanaan Crash Program Pemberian Cuti Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas serta Pembebasan Bersyarat Bagi Anak Didik dan Narapidana.

Melalui surat edaran, Dirjen menyoroti kondisi overcrowding di sebagian besar Lapas dan Rutan di Indonesia. Di mana terjadi kelebihan muatan hingga 105 persen dari kapasitas total UPT Pemasyarakatan di Indonesia yang hanya berkapasitas 130.445 orang.

Kondisi tersebut berimplikasi terhadap timbulnya permasalahan yang dapat menghambat pelaksanaan tugas, fungsi serta pencapaian tujuan Pemasyarakatan. (*)

 

editor: ricky fitriyanto