in

Jelang Natal, Harga Cabai Setan di Semarang Tembus Rp 80 Ribu per Kilogram

Harga cabai setan tembus Rp 80 ribu per kilogram. (pixabay)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Sejumlah bahan pokok mengalami kenaikan harga menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Salah satunya cabai setan. Jika biasanya hanya Rp 20 ribu, kini menjadi Rp 80 per kilogram.

Selain cabai setan, ada empat komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga. Yakni telur, minyak goreng, bawang merah, dan ayam potong.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun berencana menggelar operasi pasar dalam waktu dekat ini. Dia juga turun ke sejumlah pasar tradisional di Kota Semarang untuk memastikan harga bahan pokok memang mengalami kenaikan.

Sembari gowes, Ganjar blusukan di Pasar Wonodri, Pasar Kanjengan, serta pasar di kawasan Jalan Prambaen Depok dan beberapa warung di permukiman Semarang, Kamis (23/12/2021).

Setiap lokasi yang dikunjungi, Ganjar menyempatkan diri untuk ngobrol santai dengan para pedagang dan pembeli. Dari obrolan itu Ganjar mengetahui memang sejumlah bahan pokok seperti cabai dan bawang mengalami kenaikan harga.

“Bu, (bumbu dapur) yang naiknya tinggi apa? Cabai naik apa tidak?” tanya Ganjar kepada pedagang.

“Naik, Pak. Rawit Setan sekarang Rp 80 ribu, biasanya cuma Rp 20 ribu, langsung melonjak. Cabai hijau dan merah juga naik. Bawang merah juga,” ujar salah pedagang sayur dan bumbu dapur yang ditemui Ganjar di Pasar Wonodri.

Ganjar kemudian berlanjut ngobrol dengan pedagang dan pembeli lain. Selain harga cabai setan, ternyata harga ayam potong, telur, dan minyak goreng juga naik.

“Harga ayam potong naik, Pak. Terus harga telur dan minyak goreng,” ujar seorang pembeli yang ditemui Ganjar.

Di tempat lain yang dikunjungi Ganjar juga ditemukan hal yang sama. Untuk itu Ganjar meminta masyarakat tidak perlu khawatir terkait kenaikan harga tersebut.

Sebab dari beberapa tempat yang dikunjungi itu suplai bahan pokok masih lancar meskipun harganya naik. Pihaknya juga terus mengupayakan agar harga bahan pokok kembali normal.

“Tapi suplai masih mudah ya? Tidak apa-apa yang penting semuanya tetap sehat. Jangan lupa kalau jualan maskernya tetap dipakai,” kata Ganjar.

Operasi Pasar

Melihat ada lima bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, Ganjar berencana menggelar operasi pasar.

“Nanti kami akan coba komunikasi dengan kementerian yang ada di pusat agar soal ini bisa segera kita selesaikan. Khususnya yang agak lama ini adalah minyak goreng maka kalau tidak nanti kita akan lakukan operasi pasar saja,” katanya.

Terkait kenaikan harga bahan pokok di sejumlah pasar di Kota Semarang itu, Ganjar mengatakan sudah dikoordinasikan dengan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Kenaikan harga bahan pokok akan dikomunikasikan dengan kementerian agar  bisa diselesaikan dan harga bahan pokok kembali terkendali. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.