in , ,

Gong Perdamaian Asal Jepara yang Mendunia

Pantauan udara lokasi terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru. (foto: Bidang Pengelolaan Data dan Sistem Informasi, Pusdatinkom BNPB)

PESONA agrowisata pantai ataupun indahnya panorama pegunungan mungkin sudah biasa kita temui. Sesekali, coba kita telusuri unik dan beragamnya Agrowisata yang terdapat di Jawa Tengah. Salah satunya adalah Desa Perdamaian yang terletak di Plajan Jepara. Desa Plajan telah terkenal dengan nama Desa Perdamaian, tidak hanya pada level Nasional, namun tingkat Internasional.

Masyarakat Desa Plajan menobatkan diri sebagai desa yang getol mengampayekan kerukunan antar umat agama. Di desa ini terdapat 3 agama yang dianut oleh masyarakat Plajan, di antaranya agama Islam, Hindu, dan Kristen yang sama-sama tumbuh subur secara damai.

“Warga desa Plajan ini terdiri dari berbagai keyakinan agama, dan mereka dapat hidup berdampingan dengan damai dan rukun,” ujar Purwadi salah satu warga Desa Plajan.

Jika Anda berkeliling di desa ini, anda akan menemukan banyak tempat ibadah yang dibangun secara berdampingan. Keramahan masyarakat menjadikan Desa Plajan semakin damai.

Desa Plajan merupakan desa memiliki berbagai macam potensi wisata unik dan menarik. Desa Plajan ini memiliki Agro wisata Gong Perdamaian, Goa Sakti, Akar Seribu, dan lain-lain.

Salah satu simbol perdamaian di Desa Plajan Jepara adalah Gong Perdamaian. Gong Perdamaian sudah ada sejak dahulu kala. Sekarang gong perdamaian ini diwariskan kepada Djuyoto Suntani yang merupakan pewaris gong keturunan ke tujuh.

Gong perdamaian tersebut merupakan simbol perdamaian dunia yang melambangkan kerukunan umat beragama di seluruh dunia. Gong Perdamaian ini telah ditempatkan di 202 negara di seluruh dunia. Penempatan gong di 202 negara ini merupakan sumbangan dari Djuyoto Suntani, selaku tokoh yang dikenal sebagai Presiden Perdamaian Dunia asal Plajan Jepara.

Gong perdamaian tersebut diluncurkan pertama kali di Bali pada tahun 2002 silam oleh Megawati Soekarno Putri. Jika diamati, terdapat 202 bendera negara dunia yang tertempel di lingkaran luar gong perdamaian. Di tengah lingkaran gong, terdapat tulisan World Peace Gong dan sepasang bunga perdamaian sebagai identitas.

Sedangkan di lingkaran dalam terdapat 9 simbol agama terbesar di dunia, dan lingkaran paling dalam atau puncak, terdapat gambar bola dunia. Di sekitar lokasi tersebut, juga terdapat sumur perdamaian, aneka lukisan perdamaian, dan The Earth Center (pusat bumi).

Selain itu, di Desa Plajan juga terdapat goa sakti dan akar seribu yang menjadi Agrowisata. Goa sakti terletak sekitar 1 kilometer dari pusat gong perdamaian. (abdul mughis)

Editor: Ismu Puruhito