in

Gandeng Bank Jateng, Pemkab Wonogiri Salurkan Beasiswa Mapres Rp7,5 Miliar

Masing-masing mahasiswa mendapat beasiswa sebesar Rp12 juta.

Secara simbolis, mahasiswa Wonogiri mendapat beasiswa mahasiswa berprestasi dari Pemkab Wonogiri. (istimewa)

WONOGIRI (jatengtoday.com) — Pemkab Wonogiri memberikan beasiswa kepada 615 mahasiswa berprestasi (mapres) asal Wonogiri. Total beasiswa yang digelontorkan mencapai Rp7,5 miliar.

Dalam penyaluran beasiswa yang dilakukan 23 Desember 2021 ini, Pemkab Wonogiri menggandeng Bank Jateng Cabang Wonogiri sebagai bank penyalur.

Setiap mahasiswa mendapat beasiswa sebesar Rp12 juta. Dana itu dimasukkan ke rekening masing-masing di Bank Jateng Cabang Wonogiri.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, program beasiswa tersebut diharapkan dapat membantu biaya perkuliahan mahasiswa. Sekaligus mendorong mahasiswa untuk berkontribusi untuk daerahnya.

“Mahasiswa penerima program mapres harus bertanggung jawab dengan apa yang sudah diterimanya. Mereka harus memberikan kontribusi nyata bagi Kabupaten Wonogiri,” ujarnya.

Bupati mencontohkan, kontribusi jangka pendek mahasiswa bisa menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi soal pengabdian ke masyarakat.

Kata dia, program beasiswa mapres juga menjadi salah satu upaya Pemkab Wonogiri untuk meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) dan rasio jumlah sarjana dan penduduk di Wonogiri.

Sejak program beasiswa mapres digulirkan pada tahun 2016, IPM dan rasio jumlah sarjana dan penduduk Wonogiri terbukti meningkat.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Wonogiri FX Pranata menyatakan, antusiasme mendaftar program mapres tahun ini sangat tinggi.

Hal itu terlihat dari jumlah pendaftar yang melampaui kuota yang tersedia. Berdasarkan tingkatan strata, terdapat 1.575 pendaftar di tingkat S1/D4, 42 pendaftar di tingkat S2/Profesi, dan 74 pendaftar di tingkat D3.

Sementara itu, berdasarkan jalur, terdapat 1.458 pendaftar yang mendaftar lewat jalur reguler, 154 pendaftar jalur prestasi, 22 pendaftar jalur pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka), dan 57 pendaftar jalur DTKS.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Bank Jateng Cabang Wonogiri Ratna Sulistyawati menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa terpilih yang telah lolos tahapan seleksi beasiswa mahasiswa berprestasi tersebut.

“Semoga dapat bermanfaat untuk biaya kuliah dan semoga akan menjadi mahasiswa-mahasiswa yang sukses ke depannya dengan tidak lupa asalnya yaitu Wonogiri,” pesan Ratna. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.