in

FIB Udinus Ajak Siswa jadi Penyiar Tiga Bahasa lewat Ajang T-News

Pada tahap grand final T-News menyisakan sepuluh siswa dari delapan sekolah.

Peserta lomba T-News sedang melakukan reportase di set studio yang ditayangkan dalam layar monitor. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang bekerja sama dengan TVKU menggelar ajang Trilingual News (T-News) yakni lomba penyiar dalam tiga bahasa.

Perlombaan T-news Goes To School yang sudah dimulai sejak November 2022 ini diikuti 218 siswa dari 23 sekolah menengah atas (SMA) sederajat. Pada tahap grand final T-News menyisakan sepuluh siswa dari delapan sekolah.

Dalam grand final yang digelar Selasa (28/2/2023) di Kampus Udinus, para siswa diberikan waktu dua menit untuk menyiarkan beberapa berita sesuai dengan nomor urut undian.

Para finalis juga diwajibkan melakukan reportase dengan Bahasa Jawa, Bahasa Inggris, dan Bahasa Jepang. Penampilan mereka ditonton oleh teman se-sekolahnya yang datang sebagai suporter.

Dalam acara itu, Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko mengucapkan selamat bertanding kepada sepuluh peserta yang mampu menembus tahap grand final.

Menurut Prof Edi, T-News menjadi ajang luar biasa dalam melatih bakat dan kemampuan berbahasa dari para siswa SMA/SMK. Ia bahkan menyempatkan menyaksikan penampilan para siswa.

“Pesan saya mari kuasai dunia dengan bahasa. Saya melihat anak-anak yang ikut acara ini masa depannya akan cerah,” ujarnya.

Pada tahap grand final, delapan sekolah yang berhasil meloloskan siswanya yakni SMK Miftahul Ulum Boarding School Demak, SMKN 6 Kendal, SMKN 1 Kendal, SMKN 2 Jepara, SMAN 1 Boja, SMAN 2 Mranggen, dan SMKN 1 Kedung.

Peserta dari SMKN 1 Kendal Nadira Rohadatul mengaku senang dan tertantang untuk mengikuti ajang T-news. Pasalnya, pengalaman menjadi penyiar yang ia miliki baru dengan Bahasa Indonesia.

“Merasa tertantang untuk mengikuti ajang ini, apalagi menggunakan tiga bahasa sekaligus,” ujarnya. (*)

editor : tri wuryono 

Baihaqi Annizar