in

Emak-emak di Semarang Luncurkan Aplikasi “Tawa Bahagia PKK”

Bila teknologi berkembang pesat, digitalisasi administrasi data PKK kenapa tidak?

Kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Semarang Barat melaunching Aplikasi "TAWA BAHAGIA PKK" di Balai RW IV Kelurahan Kembangarum Semarang Barat, Rabu (14/9/2022). (Dok. Humas)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Kader Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kecamatan Semarang Barat membuat terobosan digitalisasi untuk mendukung berbagai program yang sedang dijalankan.

Salah satunya meluncurkan sebuah aplikasi berbasis android “Data Warga Balita Usaha Kegiatan Lansia PKK” yang kemudian disebut “TAWA BAHAGIA PKK”. Pemanfaatan teknologi ini diharapkan bisa memudahkan ‘emak-emak’ yang tergabung dengan PKK untuk update data dan menyajikan administrasi PKK secara digital.

Ketua TP-PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihardi mengapresiasi inovasi tersebut. Sebab, administrasi PKK selama ini masih bersifat manual.

“Nah, dengan aplikasi ini akan sangat membantu dan mempermudah para kader PKK untuk melakukan updating data dan menyajikan administrasi PKK secara digital,” ungkapnya saat melaunching Aplikasi “TAWA BAHAGIA PKK” di Balai RW IV Kelurahan Kembangarum Semarang Barat, Rabu (14/9/2022).

Dijelaskannya, TAWA BAHAGIA PKK merupakan sistem data yang berisi mengenai data dasar warga untuk mendukung berbagai program. “Harapannya, ke depan ini dapat menjadi acuan,” katanya.

Camat Semarang Barat, Elly Asmara, mengatakan Aplikasi TAWA BAHAGIA PKK menjadi salah satu terobosan dengan tujuan untuk memudahkan sistem pengolahan data warga. “Semoga ini menjadi contoh baik untuk Kecamatan Semarang Barat,” katanya.

BACA JUGA: Kejar PAD, Kader PKK Bantu Tagih Tunggakan Pajak

Peluncuran tersebut, lanjut Elly, juga dalam rangka memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50. “Untuk memeriahkan acara ini juga ada Lomba Menghias Tumpeng Tingkat Kecamatan Semarang Barat yang diikuti oleh kader-kader dari 16 Kelurahan se-Kecamatan Semarang Barat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga ada penyaluran bantuan untuk Anak Stunting dan Lansia Produktif di wilayah Kecamatan Semarang Barat dari Baznas Kota Semarang. Hadiah dan piagam penghargaan serta piala pemenang Lomba PKK yang dilaksanakan 2021-2022 diserahkan Ketua TP-PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihardi didampingi Femega Elly Asmara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.