in

Dinsos Kota Semarang Beri Pelatihan Servis HP bagi Mantan Pecandu NAPZA

SEMARANG (jatengtoday.com) – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Semarang bekerjasama dengan Yayasan Rehabiltasi At-Tauhid Semarang mengelar pelatihan servis HP kepada puluhan mantan pecandu Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif lainnya (NAPZA).

Kegiatan yang menghadirkan tim Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Quantum Telecommunication itu berlangsung di aula Yayasan Rehabilitasi At-Tauhid, mulai Senin hingga Jumat mendatang.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Semarang, Tri Waluyo menuturkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 30 peserta dari Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) korban penyalahgunaan NAPZA di wilayah Kota Semarang.

“Kami harap dengan kegiatan ini mereka bisa punya skill. Ke depan bisa hidup mandiri dan bisa menjauhkan dari obat-obatan terlarang,” ucap Tri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (19/2/2020).

Tri juga meminta kepada para peserta bisa memanfaatkan kesempatan pelatihan keterampilan ini dengan sebaik-baiknya.

Ketua Yayasan Rehabilitasi At-Tauhid, Singgih Yonkki Nugroho menuturkan, fasilitasi kegiatan keterampilan yang diberikan oleh Dinsos Kota Semarang ini sangat berarti bagi pasien di lembaga yang dipimpinnya.

“Para peserta ini merupakan pasien di Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL) At-Tauhid, baik yang rawat inap dan jalan. Semoga kegiatan ketrampilan ini bisa berkelanjutan dimasa yang akan datang,” harapnya.

Sementara itu, Instruktur LPK Quantum Telecommunication, Tomi Sudiarno menuturkan, selama lima hari ini pihaknya akan mengenalkan software dan hardware, pengenalan komponen elektronik, komponen HP, alat-alat yang digunakan dalam perbaikan, cara kerja HP, memperbaik HP mati, tidak ada sinyal, tidak bisa ngecharge dan lainya.

Bagi yang belum puas dengan pelatihan ini, pihaknya akan memberi beasiswa bagi mereka untuk mendapatkan bimbingan lanjutan hingga mahir. (*)

 

editor: ricky fitriyanto

Baihaqi Annizar