in

Di Kampung Jawi, Generasi Muda Diajak Lestarikan Budaya Jawa

“Jangan sampai lupa budaya sendiri. Masak kita belajar budaya asing namun tidak belajar budaya kita sendiri,”

SEMARANG (jatengtoday.com) – Beberapa murid TK Pertiwi tampak menikmati alat musik karawitan yang sedang mereka pelajari di Kampung Jawi, Kalialang Lama RW I, Kelurahan Sukorejo, Gunungpati, Semarang.

Ketua Paguyuban Kampung Jawi, Siswanto mengatakan, anak-anak dari TK Pertiwi memang sering mengadakan pelatihan di kampung tematik ini. Menurutnya, generasi muda harus dikenalkan budaya Jawa.

“TK Pertiwi itu rutin belajar karawitan di kampung ini, biasanya satu minggu sekali. Mereka belajar melestarikan budaya Jawa,” jelasnya, Minggu (20/1/2019) pagi.

Siswanto sendiri menyambut dengan baik dengan adanya orang-orang yang berlatih di Kampung Jawi. Menurutnya, mengenalkan budaya kepada generasi muda itu sangat penting karena muatan kearifan lokal dapat dipelajari melalui budaya.

“Jangan sampai kita lupa budaya kita. Masak kita belajar budaya asing namun tidak belajar budaya kita sendiri,” terangnya.

Dia menambahkan, budaya lokal dapat mengajarkan seseorang tentang sifat toleransi dan saling menolong dalam bermasyarakat.

Untuk itu, Siswanto berharap agar masyarakat terutama generasi muda, kembali mempelajari budaya tradisional yang mempunyai esensi yang sangat arif jika diterapkan di dalam masyarakat. (*)

editor : ricky fitriyanto