in

Demokrat Tunggu Pergerakan “Partai Besar”

SEMARANG – Partai Demokrat yang tak punya banyak kursi di DPRD Jateng, tampaknya masih menunggu pergerakan ‘partai besar’ untuk menentukan langkah pada Pilgub Jateng, 2018 mendatang. Terlebih saat ini belum ada satu pun partai yang menurunkan rekomendasi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti mengaku, pihaknya masih melihat perkembangan politik di Jateng. Dia menilai, atmosfer politik di Jateng tergolong unik karena hanya segelintir sosok yang berani vulgar mendeklarasikan sebagai bakal calon gubernur.

“Mungkin karena posisi petahana yang sampai sekarang masih menduduki peringkat tertinggi dalam survey,” ucapnya, Selasa (6/11).

Diakui, Demokrat juga masih menunggu waktu yang pas untuk memunculkan nama yang bakal diusung dalam bursa Pilgub Jateng. “Kami belum mengusulkan nama dari kader internal. Juga belum memutuskan akan mengusung nama yang sudah muncul seperti Sudirman Said, Marwan Jafar, atau Ferry Juliantono,” paparnya.

Keputusan mengusung calon gubernur, lanjutnya, akan ditentukan setelah Demokrat menjalin koalisi politik. Pasalnya, Demokrat tidak punya cukup kursi di DPRD Jateng untuk mengusung calon sendiri. Artinya, butuh kesepakatan dengan koalisi dalam menentukan nama yang bakal diusung.

“Kami sudah menjalin komunikasi dengan semua partai. Terutama Gerindra, Golkar, dan tidak menutup komunikasi dengan PDIP,” tegasnya. (ajie mh)