in ,

Dastri Tewas saat Mencuci Pakaian di Sungai

PEKALONGAN – Seorang wanita bernama Dastri (51), warga Dukuh Kalijambe Kidul, Desa Kalijambe, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, sempat hilang sejak Kamis (9/11/2017) pukul 12.15. Ia sedang mencuci pakaian dan peralatan dapur di aliran Sungai Sragi di desa setempat.

Hilangnya Dastri sempat membuat pihak keluarga kebingungan karena korban tak kunjung pulang. Selama dua hari, tim Search And Rescue (SAR) melakukan pencarian. Semula hanya ditemukan pakaian dan peralatan dapur yang tercecer di tepi sungai. “Dua hari dilakukan pencarian, akhirnya korban ditemukan pada Jumat sekitar pukul 11.30, dalam kondisi meninggal. Jasadnya terbawa arus kurang lebih 1 kilometer dari lokasi kejadian awal,” kata Komandan SAR Basarnas Kantor SAR Semarang, Hardi Amanurijal, yang turut melakukan penyisiran, Jumat (10/11/2017).

Dikatakannya, korban diperkirakan terpeleset saat mencuci pakaian dan peralatan dapur di tepi sungai tersebut. Sedangkan arus sungai cukup deras karena di bagian atas hujan. Sehingga hal itu membuat aliran sungai tersebut terjadi banjir. “Penyisiran dilakukan menggunakan media bambu untuk mencapai dasar sungai dengan kedalaman air antara 2 hingga 5 meter. Dibantu warga, tim menusuk-nusukkan bambu ke dasar sungai. Salah satu bambu warga ada yang mengenai tubuh korban, sehingga jasad korban ditemukan,” katanya.

Setelah ditemukan, tim petugas langsung melakukan evakuasi untuk mengangkat jasad korban. Kejadian tersebut cukup memancing perhatian warga untuk menyaksikan proses evakuasi. “Begitu evakuasi berhasil dilakukan, jasad korban langsung dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan,” kata Hardi. (Abdul Mughis)

Editor: Ismu Puruhito

Abdul Mughis