in

Cuci Langsung Kering Tanpa Jemur, Jesa Coin Laundry Semarang Diminati saat Musim Penghujan

Yuli salah satu pelanggan sedang melibat baju yang baru saja dicuci. (Ajie mh/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Musim hujan bikin cucian susah kering. Minimnya sinar matahari langsung dan lembabnya angin, kadang tak bisa mengeringkan baju dalam sehari. Ini cukup merepotkan bagi keluarga sibuk yang tak punya waktu ngurusi cucian saban hari.

Jesa Coin Laundry yang berada di bilangan Kalilangse, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang, lahir untuk menjawab masalah tersebut. Keberadaan laundry koin ini digadang-gadang bisa membantu warga sekitar yang tak ingin ribet cuciannya tak kunjung kering saat penghujan.

Di laundry ini, baju bisa langsung dipakai begitu keluar dari mesin cuci karena langsung kering. Tidak ada istilah jemuran jika mencuci di laundry ini.

“Kostumer tinggal bawa cucian kotor, pulangnya cucian itu bisa langsung masuk lemari. Nggak perlu dijemur karena sudah bisa langsung dilipat begitu keluar dari mesin pengering. Di sini juga disiapkan tempat untuk melipat cucian,” papar pemilik Jesa Coin Laundry, Dinariza ketika ditemui beberapa waktu lalu.

Jangan dibayangkan butuh waktu lama untuk mencuci sampai benar-benar kering. Karena empat mesin cuci dan empat pengering yang disediakan Jesa Coin Laundry, terbilang cepat menyelesaikan tugasnya.

“Cuci dan mengeringkan totalnya sekitar satu jam saja. Jadi bisa ditunggu,” terang Dina.

Meski begitu, Jesa Coin Laundry juga membuka layanan drop and go. Artinya, kostumer boleh meninggalkan cucian mereka untuk diurus Jesa Coin Laundry. Antar jemput pun bisa.

Soal harga, relatif lebih murah dari jasa laundry koin lain. Di sini, per koin dibandrol Rp 7.000 saja.

Satu koin bisa digunakan untuk mencuci hingga maksimal 7 kilogram. Itu sudah bonus sabun cuci. Jika ingin sekalian mengeringkan, bisa tambah satu koin lagi. Artinya, untuk bisa mencuci sampai kering, hanya butuh 2 koin atau Rp 14.000.

“Kalau drop and go, harganya beda. Rp 35.000 karena sekalian dilipat juga. Jadi pulangnya bisa langsung masuk lemari pakaian,” bebernya.

Jesa Coin Laundry juga membuka member bagi pelanggan. Dibandrol Rp 200.000, member berhak mendpaatkan pelayanan drop and go dengan maksimal 50 kilogram cucuian selama 30 hari.

Sementara itu, Yuli salah satu pelanggan mengaku sengaja memilih Jesa Coin Laundry karena praktis. Selain dekat dengan rumah, mencuci di sini bisa ditunggu.

“Alatnya mudah digunakan. Murah, bisa mencuci banyak langsung. Bisa ditunggu juga. Dan yang penting pas musim hujan ini, kan nggak perlu repot angkat jemur pas hujan,” tandasnya. (*)

Ajie MH.