in

Calon Paskibraka asal Jateng Ini Incar Posisi Pembentang Bendera

SEMARANG (jatengtoday.com) – Setelah melewati rangkaian proses seleksi, Rajif terpilih sebagai calon Paskibraka. Siswa SMAN 1 Purwodadi, Grobogan ini mengaku berlatih seserius mungkin demi mengejar posisi yang diimpikan. Yakni menjadi pembentang bendera upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus mendatang.

“Tapi kalau tidak terpilih menjadi pembentang bendera, tidak apa-apa. Biasanya di paskibra sebagai penjuru,” terangnya kepada jatengtoday.com.

Dia mengaku, sejak kali pertama mengikuti seleksi Paskibraka di tingkat kabupaten, pria kelahiran Grobogan, 2 Juni 2001 ini getol latihan fisik. Nyaris setiap hari, dia jogging mengintari areal perumahan tempat tinggalnya.

Berkat kebiasaan itu, dia lolos tes fisik dengan mudah. Pasalnya, saat diuji lari sepanjang 1,6 kilometer, Rajif berada di posisi paling depan saat menginjak garis finis.

Diceritakan, saat seleksi yang menilai keterampilan kesenian, dia membawakan tarian kuda lumping. “Sama ada tes bahasa Inggris. Saya bisa. Dan itu mungkin yang membuat saya terpilih mewakili Jateng menjadi calon Paskibraka,” bebernya.

Dia mengaku memang suka baris berbaris sejak duduk di bangku SMPN 1 Purwodadi. Pasalnya, dia punya cita-cita menjadi prajurit TNI. Cita-cita itu akan segera diwujudkan karena setelah lulus SMA nanti, dia akan mendaftar ke Akademi Militer (Akmil) di Magelang.

“Semoga prestasi menjadi Paskibraka ini bisa membantu mewujudkan cita-cita saja,” harapnya. (ajie mh)

editor: ricky fitriyanto