in

Brunei vs Indonesia: Shin Tae-yong Tetap Incar Kemenangan Telak

Jika lolos, Indonesia akan masuk Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (foto: dokumentasi PSSI)

JAKARTA (jatengtoday.com) – Timnas Indonesia incar kemenangan besar saat menghadapi Brunei Darussalam pada leg kedua putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026. Ramadhan Sananta dan kawan-kawan dituntut tetap fokus meski punya bekal skor 6-0 di leg pertama.

Skuad Garuda akan menghadapi Brunei Darussalam di Stadion Hassanal Bolkiah, Bandar Seri Begawan, Selasa (17/10). Pada laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (12/10), Indonesia menang telak 6-0.

Pelatih Shin Tae-yong menargetkan kemenangan telak dan berharap ada perlawanan lebih dari lawannya. Dia memastikan timnya bakal melakukan yang terbaik untuk para pendukung di Indonesia.

“Hal yang alami di sepak bola adalah kita bisa mencetak banyak gol atau tidak, itu berlaku juga untuk pertandingan esok hari. Kami akan melakukan yang terbaik, tetapi sebenarnya kami fokus di pertandingan grup di bulan November nanti,” kata Shin Tae-yong di Hassanal Bolkiah National Stadium, Brunei Darussalam, Senin (16/10/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu mengisyaratkan akan melakukan rotasi pemain. “Kita akan melakukan pertandingan yang kita inginkan besok. Ada rotasi pemain dan taktik yang tidak begitu banyak untuk laga esok,” jelasnya.

Menurutnya, Brunei menunjukkan upaya yang hebat pada laga pertamanya di SUGBK, Indonesia. Namun, kata Shin Tae-yong, Indonesia punya kualitas di atas Brunei.

“Saya berharap Brunei dapat menunjukkan upaya yang lebih baik lagi di laga kedua dengan begitu, kami juga akan menyesuaikan permainan mereka dengan bermain lebih baik lagi dan bekerja lebih keras lagi,” ucapnya.

Timnas Indonesia sudah dua kali menjalani latihan sejak tiba di Brunei pada Jumat (14/10). Dalam dua kali latihan yang berlangsung di Stadion Pahang dan Belapan, Kompleks Olahraga Bandar Seri Begawan, terlihat para pemain dalam kondisi yang sangat baik.

Setelah menjalani recovery pada Sabtu (15/10), Asnawi Mangkualam cs mulai fokus ke beberapa materi latihan. Salah satunya soal penerapan strategi untuk menghadapi Brunei.

Dengan kemenangan besar di leg pertama Timnas Indonesia berpeluang besar lolos ke putaran kedua. Jika lolos, Indonesia akan masuk Grup F bersama Irak, Vietnam dan Filipina. (*)

Tri Wuryono