in

Bocah Meninggal Tenggelam Usai Berenang di Sungai Posongan

Kedua teman korban menolak untuk berenang karena akan berangkat mengaji.

Proses pencarian dilakukan bersama tim SAR gabungan dengan melakukan penyisiran dan penyelaman di sekitar kejadian. (Foto Humas Basarnas)

PEMALANG (jatengtoday.com) – Seorang bocah bernama Ahmad Salamudin (9), yang dilaporkan tenggelam di Sungai Posongan di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, ditemukan meninggal, Selasa (12/9/2023).  

Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto menceritakan, korban yang merupakan warga Desa Ujunggede RT 4 RW 7, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah itu ditemukan oleh tim SAR gabungan.

“Kejadian ini bermula pada Senin (11/9/2023), kurang lebih pukul 14.30 WIB. Awalnya, korban bermain bersama dua temannya di Sungai Posongan. Saat itu, korban mengajak kedua temannya itu untuk berenang,” kata Heru.

Kedua teman korban menolak untuk berenang karena akan berangkat mengaji. Akhirnya korban mandi atau berenang sendiri di sungai. “Menurut keterangan saksi, kedalaman air sungai di lokasi tersebut se-dada korban. Diduga, korban belum terampil berenang sehingga akhirnya tenggelam,” terangnya.

Usai mendapati laporan tersebut, pihaknya menerjunkan tim untuk melakukan pencarian. “Diketahui kedalaman Sungai Posongan mencapai lima meter dengan lebar mencapai 15 meter,” katanya.

Proses pencarian dilakukan bersama tim SAR gabungan dengan melakukan penyisiran dan penyelaman di sekitar kejadian. “Tiga kali metode penyelaman, akhirnya korban ditemukan di dasar sungai dalam keadaan meninggal,” katanya.

Setelah dilakukan evakuasi, korban dibawa ke Puskesmas Losari Kabupaten Pemalang sebelum akhirnya disemayamkan ke rumah duka untuk dimakamkan. “Kejadian ini perlu menjadi pembelajaran bersama agar masyarakat selalu waspada, terutama yang memiliki anak kecil perlu melakukan pengawasan ekstra,” imbuh dia. (*)

Abdul Mughis