in

Bek PSIS Semarang Dinobatkan sebagai Pemain Muda Terbaik Piala AFF 2020

Pratama Arhan yang menjalani debut di turnamen ini, mengumpulkan total 60.122 suara.

Pratama Arhan menyabet gelar pemain muda terbaik Piala AFF 2020. (foto: aff suzuki cup)

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pemain PSIS Semarang, Pratama Arhan dinobatkan sebagai pemain muda terbaik Piala AFF 2020. Bek kiri Timnas Indonesia itu mengungguli koleganya di skuad Garuda, Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga.

Dikutip dari laman resmi AFF Suzuki Cup, Sabtu (1/1/2022), Arhan memenangkan GOAL NXGN Award untuk Pemain Muda Terbaik berdasarkan kombinasi pilihan fans dan peringkat tim redaksi GOAL sepanjang turnamen yang berlangsung di Singapura.

Baca Juga: Imbang Lawan Thailand, Indonesia Lagi-lagi Runner Up Piala AFF

Gelar tersebut menjadi pelipur kegagalan Timnas Indonesia meraih gelar juara setelah kalah agregat 2-6 dari Thailand dalam partai final yang berlangsung dua leg.

Pratama Arhan yang menjalani debut di turnamen ini, mengumpulkan total 60.122 suara. Bek kiri berusia 20 tahun itu finis di depan rekan setimnya Witan Sulaeman dan Alfeandra Dewangga, yang masing-masing berada di urutan kedua dan ketiga.

Sementara Thanawat Suengchitthawon dari Thailand dan Sieng Chanthea dari Kamboja melengkapi lima besar.

Bintang PSIS Semarang, yang memiliki ciri khas lemparan ke dalam yang panjang, selalu menjadi starter di enam dari delapan pertandingan Indonesia.

Arhan absen karena akumulasi kartu kuning saat Indonesia kalah 0-4 dari Thailand pada leg pertama final. Dia juga berkontribusi atas gol pertama Indonesia yang diciptakan Ricky Kambuaya pada pertemuan kedua yang berkesudahan imbang 2-2.

Di antara beberapa momen yang perlu diingat, kontribusi terbesar Pratama datang dengan mencetak gol penyeimbang di menit akhir melawan Singapura di leg kedua semifinal untuk membawa pertandingan ke perpanjangan waktu sebelum Indonesia menang 4-2 untuk maju ke final keenam mereka.

Arhan juga mencetak gol indah ke gawang Malaysia pada pertandingan terakhir fase grup dan memberi assist untuk gol Irfan Jaya yang membawa Indonesia menang dengan skor 4-1.

CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi juga mengapresiasi prestasi yang diukir Pratama Arhan dan Alfeandra Dewangga.

“Arhan dan Dewangga sudah membuktikan bahwa mereka layak berada di Timnas. Mereka adalah aset penting PSIS dan Timnas Indonesia, tetap fokus dan kerja keras,” katanya. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.