in

Bantu Pemkot, Kejari Kota Semarang Berhasil Tagih Pajak Rp81,3 Miliar

Kejari juga berhasil menyelamatkan keuangan negara berupa aset senilai Rp120,7 miliar.

Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang berada di Jalan Abdurrahman Saleh, Semarang. (baihaqi/jatengtoday.com)

SEMARANG (jatengtoday.com) РKejaksaan Negeri (Kejari) Kota Semarang membantu pemkot  menagih tunggakan pajak bumi dan bangunan (PBB). Total uang yang berhasil ditagih mencapai Rp81,3 miliar.

“Kami selaku jaksa pengacara negara berhasil membantu memulihkan keuangan negara Rp81,3 miliar,” ujar Kepala Kejari Kota Semarang Transiswara Adhi, Rabu (12/1/2022).

Realisasi pajak ini semakin positif dari tahun ke tahun. Penagihan tunggakan pajak pada 2019 sebesar Rp13 miliar. Sedangkan pada 2020 realisasinya sebesar Rp70 miliar.

Selain menagih tunggakan pajak, jaksa pengacara negara juga membantu Pemkot Semarang dalam beberapa hal lain.

Yakni, memberikan bantuan hukum litigasi dalam perkara perebutan hak Lapangan Kalicari dan perkara perebutan kios Bubakan. Ada juga bantuan hukum nonlitigasi yang telah diberikan.

Jaksa juga membantu pemerintah untuk memberikan pertimbangan hukum pada dua perkara. Yaitu pendapat hukum pajak parkir di lingkungan RSUP Kariadi dan pendampingan hukum pengadaan AC di Sekretariat Daerah Kota Semarang.

Selain memulihkan keuangan negara dari pajak, jaksa pengacara negara juga berhasil menyelamatkan keuangan negara berupa aset senilai Rp120,7 miliar.

Karena itu, perjanjian kerja sama antara Kejari dan Pemkot Semarang diperpanjang. “Semoga dengan terjalinnya perjanjian ini dapat memberikan manfaat bagi pemkot dalam menyelesaikan permasalahan hukum,” harap Kajari. (*)

Editor: Ajie MH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *