in

Bank Jateng Gencar Ekspansi Penyaluran KPR FLPP di Jateng

Bank Jateng mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas peran pentingnya dalam pengentasan kemiskinan.

Bank Jateng menjalin kerja sama strategis dengan BP Tapera serta PUPR. (istimewa)

SEMARANG (jatengtoday.com) — Bank Jateng yang terus menghadirkan inovasi guna mendukung program Pemerintah melalui penyaluran KPR Sejahtera Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (KPR FLPP) di Jawa Tengah. Langkah ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) akan hunian dengan harga terjangkau.

Sebagai wujud nyata dukungannya, Bank Jateng menjalin kerja sama strategis dengan Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kolaborasi ini membawa penyaluran dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan KPR FLPP beserta subsidi bantuan uang muka kepada masyarakat yang membutuhkan.

Wiweko Probojakti, Direktur IT, Konsumer & Jaringan Bank Jateng menjelaskan, Bank Jateng berkomitmen kuat untuk terus mengawal penyaluran KPR FLPP, terutama di wilayah operasionalnya.

“Dengan fasilitas KPR FLPP, para debitur bisa merasakan kemudahan dengan plafon kredit maksimal Rp156 juta dari harga rumah Rp162 juta, dengan angsuran mulai dari Rp1 jutaan dan tanpa biaya asuransi tambahan. Layanan ini tersedia di seluruh unit operasional Bank Jateng,” ujarnya.

Bank Jateng yakin bahwa upaya ini akan memberikan layanan optimal, sehingga masyarakat dapat memiliki akses lebih mudah terhadap hunian terjangkau. Sasaran KPR FLPP yang ditawarkan mencakup berbagai segmen debitur, mulai dari pegawai ASN, pegawai swasta, pegawai informal, hingga wirausaha, dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada tahun ini, Bank Jateng aktif menjalin kerja sama dengan developer-developer perumahan subsidi untuk merealisasikan target penyaluran KPR FLPP sesuai komitmen bersama Pemerintah. Melalui langkah-langkah nyata ini, Bank Jateng terus memberikan kontribusi penting dalam mewujudkan impian masyarakat Jawa Tengah untuk memiliki hunian yang layak dan terjangkau.

Ikut Pameran Perumahan Terbesar

Lebih dari itu, Bank Jateng terlibat aktif dalam pameran perumahan terbesar di Jawa Tengah “Jateng Tapera Expo 2023” guna mendukung penyaluran KPR FLPP rumah bersubsidi yang merupakan bagian dari Program Pemerintah. Kehadiran Bank Jateng dalam pameran ini menjadi bukti konkret komitmennya dalam mendukung masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian layak.

Pameran tersebut diadakan pada 10–21 Agustus 2023, di Mall Ciputra Semarang. Bank Jateng turut serta sebagai salah satu peserta aktif dalam pameran ini, menunjukkan keterlibatannya dalam mendukung penyaluran KPR FLPP dan memperkuat sinergi dengan masyarakat Jawa Tengah.

Pembukaan kegiatan pameran yang dilaksanakan pada tanggal 11 Agustus 2023 tersebut juga mengundang pihak perbankan untuk melakukan akad massal KPR. Pada kesempatan itu Bank Jateng turut menghadirkan debitur KPR untuk melakukan penandatanganan akad massal KPR pada tanggal 11 Agustus 2023.

Pengentasan Kemiskinan

Tidak hanya dari masyarakat, Bank Jateng juga mendapatkan apresiasi pada acara tersebut dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah atas peran pentingnya dalam pengentasan kemiskinan. Melalui stimulan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Bank Jateng berkontribusi nyata dalam upaya menciptakan kondisi hunian yang lebih baik bagi masyarakat yang membutuhkan.

Gubernur Jawa Tengah yang diwakilkan oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah Dr. A. P. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M. Si, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bank Jateng atas kerja kerasnya dalam mengatasi permasalahan kemiskinan di wilayah ini.

“Bank Jateng telah menjadi mitra yang berharga dalam mewujudkan impian memiliki hunian layak bagi masyarakat kami,” kata Sujarwanto usai memberikan apresiasi kepada Bank Jateng, Jumat (11/8/2023) di Puri Room Hotel Ciputra.

Dengan sinergi antara Bank Jateng dan berbagai pihak terkait, diharapkan program-program ini dapat terus berjalan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Jawa Tengah. Sujarwanto menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk terus mendukung inisiatif seperti ini guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. (*)

Baihaqi Annizar