in

bank bjb Dukung Pemberantasan Pencucian Uang dan Cegah Pendanaan Terorisme

Kualitas penerapan program APU PPT di bank bjb tercermin dalam kenaikan nilai financial integrity rating.

bank bjb berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah. (dok. bank bjb)

SEMARANG (jatengtoday.com) — bank bjb mendukung gerakan anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme (APU PPT) demi mewujudkan sistem keuangan yang kuat, berintegritas, dan berkelanjutan.

Direktur Kepatuhan bank bjb Cecep Trisna mengatakan, penerapan program APU PPT bank bjb berdasarkan pendekatan berbasis risiko.

Selain itu, implementasinya berpedoman pada penguatan 5 pilar, yakni pengawasan aktif dewan komisaris dan direksi, kebijakan & prosedur, pengendalian intern, sistem informasi manajemen, serta pelatihan & sumber daya manusia.

Menurutnya, akselerasi digital perbankan dapat menjadi sebuah opportunity ekspansi bisnis, tetapi juga dapat menjadi sebuah tantangan dalam penerapan program APU PPT.

“Sinergi dan kolaborasi merupakan kunci untuk terus meningkatkan efektivitas penerapan program APU PPT di bank bjb,” kata Cecep saat sambutan dalam acara 2 Dekade Gerakan APU PPT Indonesia, yang berlangsung di Pangandaran, Rabu (25/5/2022).

Dia melanjutkan, kualitas peningkatan penerapan program APU PPT di bank bjb tercermin dalam kenaikan nilai financial integrity rating bank bjb tahun 2021 dari 7,62 menjadi 8,05 dengan predikat sangat baik.

bank bjb juga konsisten dalam mendukung peningkatan indonesia’s financial integrity dan proses keanggotaan Indonesia untuk menjadi anggota penuh FATF melalui penguatan penerapan program APU PPT secara berkesinambungan.

“bank bjb berkomitmen untuk terus menyempurnakan kebijakan dan sistem dalam mendeteksi dan mencegah praktik pencucian uang dan pendanaan terorisme, khususnya praktik pencucian uang yang terkait dengan Green Financial Crime,” kata Cecep.

Tanam Mangrove

bank bjb berkolaboraksi melakukan penanaman pohon Mangrove di Pangandaran, Jawa Barat. (istimewa)


Sebagai informasi, dalam rangka 2 Dekade APU PPT, bank bjb kolaboraksi penanaman 2061 pohon Mangrove dari 10.000 pohon Mangrove pada tahun 2022 ini.

Acara tersebut dihadiri Direktur Kepatuhan bank bjb Cecep Trisna, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, Pejabat Pemprov Jabar, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, Kepala Kantor Regional 2 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jawa Barat Indarto Budiwitono, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto, serta pejabat terkait lainnya.

Kegiatan ini mendapat dukung penuh dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Menurutnya, kegiatan penanaman pohon Mangrove merupakan salah satu upaya untuk membangun kesadaran masyarakat lebih aktif menanam pohon dan merawatnya.

Penanaman pohon Mangrove juga akan meningkatkan luasan dan kualitas Ruang Terbuka Hijau (RTH) sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan yang lebih berkualitas.

“Kegiatan menanam pohon Mangrove dapat dijadikan momentum strategis dalam upaya mengantisipasi dampak perubahan iklim global, degradasi dan deforestasi hutan dan lahan serta sebagai bagian dari upaya konservasi sumber daya air,” kata Ridwan Kamil.

Penanaman 10.000 pohon Mangrove yang diinisiasi PPATK ini menjadi salah satu bentuk kepedulian untuk melestarikan lingkungan. Kegiatan penanaman Mangrove ini direalisasikan melalui kegiatan CSR bank bjb bagi lingkungan dan masyarakat di daerah Jawa Barat.

Inisiatif penghijauan ini dijadikan momentum strategis dalam upaya untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim global. Dengan gencar menanam pohon, ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis dan ruang kehidupan akan lebih luas dan berkualitas. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.