in

Bagas Adhadirgha: Ganjar Pranowo Bakal Dorong Penguatan Wirausaha

SEMARANG (jatengtoday.com) – Pengusaha muda dan sekaligus Wakil Ketua Umum Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan Ganjar – Mahfud, Bagas Adhadirgha menyebut, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD akan memprioritaskan sektor wirausaha khususnya bagi pengusaha muda jika diberikan mandat memimpin bangsa Indonesia kedepannya.

Hal ini diungkapkan Bagas Adhadirgha saat menjadi pembicara dalam acara “PILPRES FEST” yang digelar oleh Bhinneka Research & Strategy pada Kamis (9/11/2023).

Turut hadir sebagai pembicara diantaranya, Muhammad Iqbal selaku Juru Bicara (Jubir) Nasional Tim Pemenangan pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Anggawira selaku Ketua Umum Repnas Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka.

“Saat ini,  jumlah pengusaha di Indonesia baru sekitar 3,4%. Persentase ini masih kurang, karena yang dibutuhkan yakni sekitar 12% – 14%. Oleh karena itu, peningkatan jumlah wirausaha secara signifikan sangat diperlukan untuk mencapai status sebuah negara maju,” ungkap Bagas Adhadirgha dalam keterangan resminya.

Bagas juga menambahkan, sektor wirausaha nanti kedepannya harus mampu untuk menggalakan inovasi dan juga membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat banyak.

“Wirausaha itu harus mendorong inovasi, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan persaingan,” tambah Bagas yang juga merupakan pengusaha.

Namun Bagas juga mengungkapkan, saat ini masih terdapat kendala-kendala yang menghambat wirausahawan tanah air untuk memajukan pertumbuhan ekonomi.

“Saat ini, birokrasi yang rumit serta tumpang tindih kewenangan antar kementerian, menyulitkan wirausahawan untuk mendapatkan dukungan. Kurangnya sumber daya, modal, informasi pasar, koneksi, dan tenaga kerja juga menjadi faktor-faktor wirausahawan menjadi sulit berkembang. Oleh karena itu, penyederhanaan dan manajemen program kewirausahaan menjadi kunci utama untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,” kata Bagas.

Oleh karena itu Bagas meyebutkan, pasangan Ganjar-Mahfud akan membuat satu program bernama “Demokratisasi Wirausaha” yang bertujuan untuk lebih memajukan sektor wirausaha. Program “Demokratisasi Wirausaha” ini, seperti namanya, akan memudahkan mereka yang ingin berusaha, terutama anak muda, dengan memberi dukungan pendampingan, jaringan dan keuangan.

“Bonus demografi Indonesia saat ini memberikan kesempatan untuk mempercepat kemajuan ekonomi dengan fokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan, penguatan kapasitas tenaga kerja,” lanjut Bagas.

Lebih lanjut Bagas juga membeberkan beberapa kemudahan-kemudahan yang akan diberikan oleh pasangan Ganjar – Mahfud bagi para wirausahawan yang ingin mengembangakan usahanya.

“Untuk pemberdayaan anak muda, pasangan Ganjar-Mahfud akan berikan fasilitas untuk mengembangkan wirausaha muda guna pertumbuhan bisnisnya. Untuk program pemuda intensif, Ganjar-Mahfud akan melakukan mentoring berupa pelatihan berkelanjutan dan pembekalan keterampilan serta pengembangan komunitas. Selain itu, Ganjar-Mahfud juga akan membuka akses ke jaringan bisnis yang luas. Dukungan finansial juga akan diberikan Ganjar-Mahfud untuk membuka start-up dan usaha bisnis baru,” tutup Bagas.

Sebagai informasi, nama Bagas Adhadirgha kembali muncul ke publik setelah Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo – Mahfud MD, Arsjad Rasjid mengumumkan dirinya sebagai Wakil Ketua TPN. Sebelum menjadi Wakil Ketua TPN, Bagas merupakan sosok pengusaha yang namanya masyhur di dunia aviasi atau penerbangan. (*)

Ajie MH.