in

Arema FC vs PSIS: Mahesa Jenar Menang Telak 4-1

PSIS Semarang menyodok ke posisi runner-up melewati Persib Bandung dan Bali United.

PSIS Semarang mengalahkan Arema FC dengan skor 4-1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin (5/2/2024). (foto: dokumentasi PSIS Semarang)

GIANYAR (jatengtoday.com) – PSIS Semarang menang telak dengan skor 4-1 atas tuan rumah Arema FC pada laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Senin (5/2/2024). Riyan Ardiansyah dan Alfeandra Dewangga masing-masing mencetak dua gol untuk membawa Mahesa Jenar naik ke posisi runner-up.

Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius membuat beberapa perubahan di starting XI dengan memainkan Riyan Ardiansyah untuk menggantikan peran Vitinho di sisi kiri penyerangan. Haykal Alhafiz juga bermain sejak awal laga mengisi posisi bek kiri yang biasa ditempati Giovani Numberi.

Wahyu Prasetyo kembali ke tim utama setelah bertugas di Piala Asia 2023. Ahmad Syiha Buddin masih dipercaya bermain di jantung pertahanan Mahesa Jenar menggantikan Lucas Gama yang harus absen karena akumulasi kartu kuning.

Kehilangan Carlos Fortes yang hengkang ke Al Dhafra ternyata tidak terlalu berpengaruh terhadap permainan PSIS Semarang. Septian David Maulana yang kembali memainkan peran sebagai striker bisa berkolaborasi dengan Taisei Marukawa maupun Gali Freitas.

Tuan rumah beberapa kali menciptakan peluang di awal pertandingan melalui Dedik Setiawan tapi belum mampu menjebol gawang Adi Satryo. Justru PSIS yang mampu mencuri gol di menit ke-23 lewat sontekan Riyan Ardiansyah.

Gol ini tak terlepas dari kerja keras Marukawa dari sisi kiri dengan mengecoh Achmad Maulana. Pemain asal Jepang itu kemudian menyodorkan bola ke tengah kotak penalti yang bisa dituntaskan oleh Riyan Ardiansyah.

Arema mendapat peluang emas di menit 31. Dendi Santoso melepaskan umpan terukur yang membuat Dedik Setiawan lepas dari perangkap offside. Tapi eksekusi penyerang Singo Edan meleset ke arah kanan.

Alfeandra Dewangga membuat tim tamu menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-0 setelah sepakannya gagal diantisipasi kiper Julian Schwarzer.

Pelatih Arema Fernando Valente membuat perubahan di awal babak kedua dengan memainkan Charles Lokolingoy dan Ginanjar Wahyu Ramadhani. Perubahan ini sempat menghidupkan asa tuan rumah yang tampil lebih agresif hingga Lokolingoy mencetak gol di menit ke 56 meneruskan assist Ginanjar.

Lima menit kemudian, Singo Edan berpeluang menyamakan kedudukan ketika Dedik Setiawan lagi-lagi lolos dari perangkap offside. Kali ini sundulannya mampu ditepis Adi Satryo.

Permainan ofensif Arema justru menghadirkan petaka. Riyan Ardiansyah kembali merobek gawang Julian Schwarzer di menit ke-73 melalui sepakan melengkung yang membuat Mahesa Jenar menjauh dengan skor 3-1.

Alfeandra Dewangga menutup pesta PSIS Semarang di Stadion Kapten I Wayan Dipta. Gelandang bernomor 19 itu melepaskan tendangan kaki kiri yang meluncur ke sudut kanan gawang tanpa bisa dihalau Schwarzer.

Gol Dewangga di menit 91 tersebut menyudahi perlawanan Arema FC yang harus menyerah 1-4 dari PSIS Semarang. Kekalahan itu membuat Singo Edan belum mampu keluar dari zona degradasi dan tertahan di peringkat 16 dengan 21 poin.

Sementara, PSIS Semarang menyodok ke posisi runner-up melewati Persib Bandung dan Bali United. Septian David Maulana dan kawan-kawan mengemas 42 poin dari 24 pertandingan, namun mereka masih terpaut 9 angka dari pemuncak klasemen Borneo FC.

Susunan Pemain

Arema FC: Julian Schwarzer–Achmad Maulana Syarif, Julian Guevara, Charles Almeida, Johan Alfarizie/Achmad Figo (77′); Jayus Hariono/Muhammad Rafli (64′), Arkhan Fikri; Samuel Balinsa/Ginanjar Wahyu (46′), Dedik Setiawan, Dendi Santoso/Charles Lokolingoy (46′); Gilbert Alvarez/Flabio Soares (77′)
PSIS Semarang: Adi Satryo–Fredyan Wahyu Sugiyantoro/Giovani Numberi (82′), Wahyu Prasetyo, Ahmad Syiha Buddin/Barnabas Sobor (64′), Haykal Alhafiz; Alfeandra Dewangga, Boubakary Diarra; Paulo Gali Freitas/Evan Dimas (82′), Taisei Marukawa/Tri Setiawan (88′), Riyan Ardiansyah/Vitinho (88′); Septian David Maulana
(*)

Tri Wuryono