in

7 Web Bagus untuk Atasi Rasa Bosan

Sekalipun awalnya ingin atasi rasa bosan, setelah buka, 7 website ini, kamu akan buka lagi dengan lebih serius. Jangan lupa bookmark, ya..

(Image: Golden Sikorka)

Mungkin kamu sedang punya waktu 5-10 menit, tanpa melakukan apa-apa, dan sedang bosan dengan pekerjaan atau media sosial. Ada baiknya, pecahkan kebosanan itu dengan mengakses 7 website berikut ini. Selain menghibur dan bermanfaat, kemungkinan besar kamu akan buka lagi di waktu lain. Jangan lupa bookmark, agar bisa kamu akses lagi nanti.

Ini dia, 7 website yang pas untuk menemani kamu ketika sedang bosan..

1
Seperti Mesin Waktu, Kamu Bisa Lihat Siaran Televisi Tahun 90-an

My 90s TV
https://www.my90stv.com/

Nikmati siaran televisi jadul. Semacam mesin waktu, kalau kamu ingin tahu apa yang ditonton orang-orang di dekade 70-90-an. Komersial break, lagu, talk show, film, yang pernah ngehit di televisi. Tampilan website ini dirancang seperti televisi tabung (tube). Kamu bisa pindah channel, atur volume, dan mematikan televisi.

Kualitas gambar juga dibikin retro dan noir, biar terkesan jadul.


2
Cetak Foto Kamu Jadi Poster Sebesar Dinding

Rasterbator
https://rasterbator.net

Fungsi web ini memproses image (foto) menjadi ukuran besar dengan style “raster”. Sebesar tembok kamar kamu, tidak masalah. Misalnya, kamu ingin menutup sisi tembok dengan foto wajah kamu, atau ingin membuat poster besar dalam suatu acara. Rasterbator meminta image yang akan kamu ubah, kemudian isikan pilihan, mau dijadikan sebesar apa. Foto di salah satu postingan Instagram kamu, bisa diperbesar di ukuran berapa.

Buka Rasterbator > klik “Create Your Poster”

Klik “Choose file” > pilih gambar yang mau kamu perbesar (cari di laptop atau ponsel)

Klik “Upload”

Tentukan Paper and Size

Pilih A4 (ini seukuran kertas makalah). Berapa output size yang kamu mau. Misalnya, mau lebarnya sebesar 7 kertas A4, berarti masukkan angka “7” sheets “wide”.

Klik “Continue”.

Kemudian tentukan “Style” yang kamu suka. Mau “rasterbation”, “no effect”, atau “black and white”. Seperti apa hasilnya, lihat saja di preview panel kanan.

Klik “Continue”.

Berikutnya, kamu bisa ubah warna titik dan background dari gambar yang mau kamu cetak. Saya suka hitam putih.

Klik “Continue”.

Pada Options, kamu bisa sesuaikan. Misalnya, kita pilih Output “Halftone”, “Circle”, dan lainnya biarkan seperti semula.

Klik “Complete..”.

Kamu akan dapat file .pdf siap cetak.

Pada sample yang saya kerjakan seperti di screenshot, jadinya nanti 35 halaman A4 dalam format pdf yang siap cetak.

Tinggal susun dan tempel di tempat yang kamu inginkan. Pasang di salah satu sisi dinding rumah juga bagus.

Sekalipun rasterbator gratis, kamu bisa kirim donasi sebagai rasa terima kasih.


3
Lebih Pintar Membuat Kutipan Ilmiah dengan CiteFast

CiteFast
https://www.citefast.com

Kasus ini sering terjadi: kamu sedang browsing di Google Scholar atau menemukan artikel yang ingin kamu kutip sebagai referensi di tulisan ilmiah.

Kebutuhan footnote dan daftar pustaka, sangat ribet kalau harus mengetik-ulang. Ada kemungkinan salah-ketik atau tidak sesuai dengan pedoman pencantuman referensi ilmiah.

Cite Fast mengatasi masalah ini.

Misalnya, kamu buka URL ini dan ingin mengutip salah satu paragraf di dalamnya, kemudian mau kamu cantumkan sebagai referensi ilmiah.

https://jatengtoday.com/teknologi-web3

Bagaimana caranya?

Buka CiteFast

Standar sekarang adalah APA7. Secara default, CiteFast sudah memilih APA7.

Pilih jenis referensi. Jika referensi kamu berupa halaman web, pilih “Web Page”. Jika buku, pilih “Book” kemudian masukkan nama Author (penulis) dan klik Search. Atau pilih ISBN.

Pada bagian akhir, akan ada referensi yang bisa kamu copy-paste dan sesuai standar ilmiah.


4
Buat Foto Profile dari Orang yang Tidak Pernah Ada

This Person Does Not Exist
https://thispersondoesnotexist.com/

Kamu kenal siapa orang ini?

Tentu saja kamu tidak kenal. Orang ini tidak pernah ada. Foto itu hasil pemrosesan komputer untuk membuat wajah orang yang tidak dikenal.

Mungkin kamu ingin nge-prank kawanmu dengan foto orang asing, atau bingung cari foto profile untuk fake account kamu? Gunakan website ini.

Buka alamat web itu kemudian reload (atau tekan Ctrl r di keyboard), kemudian jika suka fotonya, simpan foto itu untuk kamu pakai.

Website ini “memproses” wajah orang yang tidak pernah ada. Jadi, selalu akan dianggap unik dan bukan milik orang lain, kalau kamu pakai sebagai foto profile di akun.


5
Kamu Bisa Berbicara dengan Buku

Talk to Books
https://books.google.com/talktobooks/

Bayangkan, kamu masuk ke sebuah perpustakaan besar dan memiliki kekuatan super, bisa bicara dengan buku. Kamu bertanya sesuatu, lalu semua buku yang ada di situ menjawab, berdasarkan isi mereka. Berita baiknya, kamu bisa dapat kekuatan super ini dengan mengakses Talk to Books.

Website ini milik Google Books. Tinggal ketik sesuatu yang ingin kamu bicarakan (atau kamu cari), maka muncul “quote” (kutipan) dari koleksi Google Books yang paling relevan. Misalnya, kamu bisa bertanya, “Why did World War I happen?”.

Search di sini pakai kekuatan Google, dengan sedikit perbedaan. Hanya akan menampilkan kutipan dari buku di Google Books.

Para pembaca buku dan ingin referensi dari buku, bisa manfaatkan web ini untuk tulisan mereka. Selain cepat, relevan, dan berbeda dari “search” konvensional, website ini terbilang ramah-pemakai.


6
Membuat Komik dengan StripCreator

StripCreator
http://www.stripcreator.com/make.php

Komik bagus berawal dari ide. Karakter dan artistik memang penting. Ide jauh lebih penting. Tidak semua orang bisa menggambar namun punya ide untuk mengatakan sesuatu dalam bentuk komik. Strip Creator mengatasi masalah itu.

Buat komik kamu dengan Strip Creator.

Contohnya seperti ini:

Tentukan karakter yang kamu pakai, background, narasi, dan dialog di komik kamu.


7
Kutipan yang Kamu Pakai Ternyata Salah

Quote Investigator
https://quoteinvestigator.com/

Melacak siapa sumber pertama di balik kutipan.

Orang sangat suka “quote” (kutipan). Mereka pasang di status, ucapkan di percakapan, dan menuliskan sumbernya. Kesalahan terjadi ketika seseorang tidak membaca sendiri sumber pertama. Mereka tahu dan percaya suatu quote, tanpa memeriksa, siapa sumber pertama “quote ini”.

Saya berikan contoh populer yang bisa kamu lacak dengan Google.

“good artists copy great artists steal”

Quote itu sangat terkenal. Seniman yang baik menyalin, seniman besar mencuri. Kebanyakan sumber mengatakan, itu perkataan Steve Jobs. Ada lagi yang bilang, itu dari Pablo Picasso. Mana yang benar? Keduanya salah.

Kalau kamu pernah baca (atau pakai) quote itu dan diatribusikan kepada Steve Jobs atau Pablo Picasso, kamu bukan yang pertama.

Hasil pencarian di Google, kalau kita ketik “good artists copy great artists steal” kebanyakan sumber bilang itu dari Picasso. BBC Culture, Quora, Life Hacker, CNET, Brainy Quote, mengarah ke sumber sama.

Bukan. Tidak ada bukti itu dari Picasso. Steve Jobs memakainya beberapa kali dan dia terlalu dianggap sebagai inovator.

Singkatnya, cobalah Quote Investigator (QI). Website ini menanamkan mental “riset” yang bagus. Mereka tidak mau percaya begitu saja, ketika suatu kutipan populer diatribusikan kepada suatu sumber. Jika tanpa bukti, mereka menolak.

Quote Investigator berdiri sejak 2013 dan secara teliti membuktikan, kalau quote terkenal sering dikutip secara salah dan diatribusikan kepada sumber yang bukan-pertama.

Sekarang, waktunya bookmark agar tidak lupa. Kalau kamu punya daftar lain, jangan lupa bagikan di sini. [dm]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.